Sabtu, 25 Agustus 2012

Pulang Kampung 2012

Desa Tg.Samalantakan
 Pada tanggal 15 Agustus 2012, bertepatan dengan 26 Ramadhan, Rabu malam ku mulai perjalananku Dimulai dari tempat tinggal atau perantauanku  di daerah Kayutangi Banjarmasin  diantar kawan atau salah satu sahabatku naik sepeda motornya ke terminal induk pal 6 Banjarmasin, setelah sampai di terminal Pal 6, ku langsung membeli tiket  bus mini seharga Rp.90.000 tuk satu orang menuju ke kabupaten Kotabaru sebelum melanjutkan perjalanan lagi ke Kampung Halamanku yaitu Kecamatan Pamukan Selatan desa Tg.Samalantakan. Dari terminal pal 6 Banjarmasin ke Kotabaru ada beberapa kabupaten atau daerah yang kita lalui seperti daerah Bati - Bati, kabupten Tanah Laut dengan kotanya Pelaihari, daerah Jorong, daerah Sungai Danau dan terakhir sebelum menyebrang ke Kotabaru yaitu kabupaten Tanah Bumbu dengan kotanya Batulicin.
Kantor Kepala Desa Tg.Samalantakan

Menjelang subuh bus yang ku tumpangi sampai di pelabuhan Very Batulicin, sesampainya disini saya langsung turun dan mengarah pada suatu warung yang masih buka dengan tujuan tentunya makan sahur, karena di warung ini cuma ada mi rebus & telur rebus maka sayapun memesan yang apa adanya juga di campur dengan nasi, Alhamdilillah pikirku yang penting ada di makan, setelah makan sahur saya dan sebagian penumpang menunggu datangnya kapal very, untuk menyebrangkan kami ke Kotabaru sekitar  jam 6 pagi baru ada kapal dan bus yang kami tumpangipun langsung masuk ke kapal very untuk di sebrangkan ke Kotabaru. Sesampainya di pelabuhan very Tanjung Serdang (Kotabaru), bus yang kami tumpangi langsung keluar dari kapal selanjutnya langsung melanjutkan perjalanan masuk ke Kotabaru karena dari pelabuhan very ke kotabaru memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Sesampainya di terminal bus kotabaru ku naik ojek lagi ke rumah saudara (kakak) di daerah Taman Melati belakang SMP 5 Kotabaru dan sampailah perjalanan pertama saya sebelum melanjutkan ke tempat tujuan yang di tuju yaitu Kecamatan Pamukan Selatan desa Tg.Samalantakan.

Pantai Desa Tg.Samalantakan
Pagi hari kamis tanggal 16/08/2012 ku sampai di rumah saudara di Kotabaru, dan hari itu setelah mandi ku bersiap lagi melanjutkan perjalanan, .karena pada waktu itu speed board yang ingin saya tumpangi mengalami kerusakan pada enginenya juga kapal taxi sudah tidak ada lagi karena sudah mendekati Hari Raya, maka saya, mau ngak mau harus lewat darat. Alhamdulillah pada hari itu juga kebetulan ada keluargaku yang ingin pulkam dengan tujuan yang sama yaitu desa Tg.Samalantakan dengan menggunakan mobil dan sayapun menghubunginya dengan tujuan apakah saya bisa di ikut sertakan bersamanya dan Alhamdulillah ternyata saya bisa ikut karena untuk jalan darat agak susah ke kampung karena yang pertama belum adanya khusus mobil tujuan ke sana terkecuali di Carter tentunya dengan biaya yang cukup menguras isi dompet di tambah lagi jalannya yang masih kurang bagus membuat para supir berpikir untuk kesana. Dan sayapun menumpang mobil keluargaku itu, perjalanan di mulai daerah Taman Melati (Kotabaru) ke desa Tg.Samalantakan karena pada waktu itu kami berangkatnya sudah siang, kami pun mempersiapkan atau membeli makanan kurma untuk berbuka puasa di mobil, karena di prediksikan akan masuk berbuka puasa sebelum sampai tempat tujuan dan ternyata prediksi kami tepat sebelum sampai sudah masuk waktu berbuka puasa, kami pun berbuka puasa di jalan dengan kurma dan air putih di temanin goyangan mobil ma'lum karena jalannya, tidak lama setelah kami menikmati kurma kamipun masuk daerah tempat tujuan dan Alhamdulillah ku panjatkan syukur akhirnya kamipun masuk atau sampai dengan selamat di tempat tujuan yang sesungguhnya yaitu desa Tg.Samalantakan

Pantai/Siring Desa Tg.Samalantakan
Siring yang hancur akibat tidak dapat menahan abrasi gelombang air pasang