Jumat, 01 Juni 2012

Perjalanan pertama ke Kota Banjarmasin

Al Karomah Martapura (Gambar : pp3.co.id)
 Kali ini ku akan berbagi cerita, yaitu pada waktu untuk pertama kalinya ke kota yang di juluki kota seribu sungai yaitu kota Banjarmasin. Kota Banjarmasin adalah satu kota besar di Kalimantan tepatnya di Kalimantan Selatan, dulunya di kenal sebagai Banua, sebelum terbagi beberapa bagian (kalimantan) bahkan menurut sejarah yang ku dapat Kalimantan yang pertama kali terbentuk adalah yang di sebut dengan Banua yang sekarang menjadi Kalimantan Selatan (Banjarmasin).


Sabilal Muhtadin Banjarmasin (Gambar : banjarmasinkoe.blogdrive.com)
Sekitar tahun 2000 adalah ku pertama kalinya ke kota ini (Banjarmasin). Perjalananku bermula dari terminal Batu Ampar kota Balikpapan dengan menggunakan jalur darat yaitu naik Bus Pulau Indah Jaya pada waktu itu ku berangkat bersama kedua orang tua n pamanku. Perjalanan memakan waktu sekitar 12 jam perjalanan pada waktu itu, atau bisa dikatakan satu malam full, karena kami berangkat mulai sore sampainya di Martapura sudah menjelang pagi, sama dengannya Kotabaru - Banjarmasin harus melalui kapal penyebrang (very), Balikpapan - Banjarmasin rupanya juga sama, juga naik kapal very, karena belum adanya jembatan penyebrangan pada waktu itu, ngk tau skrang ya  baru melanjutkan perjalanan. Cukup banyak juga daerah kami lalui, ya mungkin karena antar propinsi kalee ya, yang pertama tentunya setelah kita menyebrang adalah daerah Penajam, karena di sini letak pelabuhan verynya, baru melanjutkan perjalanan ke kota tujuan (Banjarmasin)

Pasar Terapung, Banjarmasin (Gambar : portalbanjarmasin.com)
 Setelah menjelang pagi Bus yang kami tumpangi sampai di kabupaten banjar tepat di kota Martapura. Sebelum kami melanjutkan perjalanan, kami terlebih dahulu mandi dengan menyewa kamar  pada penginapan "Paviliun Kurnia" pada waktu itu. Setelah semua siap, tujuan pertama kami lanjutkan perjalanan ke Kalampayan, setelah bermalam di Martapura kami melanjutkan perjalanan ke kota seribu sungai (Banjarmasin) yang memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan, di kota ini kami membuka kamar (cek in) pada hotel PRIMA, yang dekat pada mitra plaza.

Pasar Terapung, Banjarmasin (Gambar : portalbanjarmasin.com)
 Demikianlah sekilas perjananku bersama keluarga ke kota Banjarmasin, bagi sobat yang sedang jalan-jalan atau yang merencanakan ke kota ini  jangan lupa, kunjungi juga pasarnya yang mungkin tidak ada pasar di kota lain kecuali disini yaitu yang disebut Pasar Terapung yang transaksinya dilakukan di atas kelotok, dan kalau ingin melihat kampung para monyet mampirlah yang disebut Pulau kembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar