Rabu, 14 Desember 2011

Desaku, Kampung Halamanku


Tg.Samalantakan  (Gambar : By Ilham)
Di sebuah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Indonesia), terdapat sebuah Kecamatan yang bernama Kecamatan Pamukan Selatan dan nama desanya adalah Tg.samalantakan. Di sinilah saya lahir dan menghabiskan masa – masa kecil saya bersama keluarga dan sahabat – sahabat saya sampai lulus pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) pada tahun 1999. kalau sahabat ada kesempatan mengunjungi kampung kita ini jangan lupa melihat siring dan pantainya yang sangat indah dipandang mata, dan membentang sangat panjang sampai menembus desa tetangga yaitu desa Sekandis. kampung kita ini kayaknya bisa juga di sebut kampung kelapa, karena di desa ini sangat banyak tanaman buah kelapanya. Alhamdulillah juga kampung ini sudah mulai berkembang itu bisa kita lihat dari yaitu : Untuk penerangan PLN sudah ada, walaupun jam 6 hidup dan jam 6  mati alias hidupnya cuma malam hari, jalannya yang sudah di aspal, ya walaupun itu cuma masih di dalam kampung tsb, dan untuk jaringan telekomunikasi sudah ada dua operator yang masuk ke kampung ini yaitu  dari TELKOMSEL &  EXELCOM, dengan hadirnya dua operator ini sangat membantu warga atau masyarakat di kampung ini, dalam hal komunikasi dan kabar berita contoh sederhana, walaupun kami tinggal cukup jauh dari Kotabaru apalagi kota Banjarmasin, tapi kami masih bisa membaca koran Bpost lho, yang terbit hari itu juga. Jarak tempuh ke desa ini dari Kab.Kotabaru kalau menggunakan taxi air (kapal) sekitar 5-6 jam perjalanan, dan kalau kita menggunakan speedboard hanya memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan saja. sedangkan melalui darat kita bisa masuk melalui kab.Tanah bumbu, tetapi kalau saya boleh sarankan lewat laut-darat kayaknya lebih baik sobat lewat laut, karena kalau lewat darat jalannya masih tidak bagus, tambahnya lagi kalau setelah diguyur hujan bisa-bisa sobat tidak bisa nembus ke kampung ini.



Tg.Samalantakan  (Gambar : By Mubarak)
Didesa ini banyak sekali kenangan indah kecil saya bersama teman - teman, terutama teman - teman sepengajian dibawah asuhan ustad M.Daud (almarhum), dan teman – teman SD&SLTP dulu. Didesa ini dulunya kami, apabila kalau sudah masuk yang namamya bula Ramadhan wah, kami sangat bahagia, dikarnakan siang dan malam hari akan ada perlombaan-perlombaan,kalau malam biasanya: lomba azan,lomba busana muslim,lomba cerdas cermat dll, dan kalau siang harinya diadakan perlombaan seperti: lari karung, lari kelereng, pukul bantal,sepeda cepat&lambat dll. sehingga waktu melakukan ibadah puasa seperti tidak terlalu terasa, sudah menjelang magrib/berbuka puasa. Mayoritas penduduk desa ini berprofesi atau bermata pencarian sebagai nelayan, yang waktu berangkat atau sistem melautnya cukup bervariasi tergantung alat tangkap yang digunakan dari masing – masing nelayan, juga daerah ini adalah daerah pesisir, dan kebetulan mayoritas warga didesa ini dari keturunan orang Sulawesi Selatan yaitu suku bugis, yang dikenal sebagai suku pelaut.

siring Tg.Samalantakan lagi air pasang (Gambar : By  Mubarak)
Akhirnya, demikianlah sekilas gambaran Desaku Kampung Halamanku. Bagi para sahabat ataupun teman – teman yang ingin merasakan suasana kampung, atau suka melancong atau jalan – jalan ke kampung – kampung atau ke desa – desa, jangan sampai lupa ya, visit to atau mampir juga ke kampung kita ini, Sekian dan terima kasih banyak, atas kunjungannya ke Blog yang sekadarnya ini, salam dari desa wassalam.

















2 komentar: